Tips memilih makanan Halal di Korea Selatan (Busan)

Hahahai, Ramadahan telah usai, kini saatnya kita untuk kembali ke waktu makan seperti semula :"

Taukah kalian, mencari makanan halal di korea itu tidaklah mudah (susah-susah-susah, sih :v ). Di Korea selatan, ada lembaga yang disebut Korean Muslim Federation (KMF). Kalau di Indonesia seperti Majelis Ulama gitu sih (mereka mengorganisir sertifikasi makanan halal, dan mengorganisir kegiatan keagamaan Islam juga). Khusus untuk makanan, mereka membuat web untuk mempermudah kita browse makanan halal.

Disini ada dua jenis makanan halal yaitu, kemasan / sudah jadi, atau yang disediakan oleh restoran (biasanya restoran muslim sih. Apabila kita ingin membeli makanan kemasan, untuk memastikan apakah itu halal atau tidak, sebetulnya ada lho segel halal oleh KMF seperti berikut:



Sejauh ini (tinggal dekat PNU, Busan) logo tersebut sulit didapatkan dalam kemasan, kecuali produk itu adalah produk Import dari Malaysia, atau Indonesia yang memang ada cap "Halal"nya, seperti ini:




Begini, menurut pengalaman saya (tahun 2017, tinggal di Suwon selama 5 Bulan, dan 2019 saya kuliah di Busan), ada beberapa "aliran" tentang definisi makanan Halal disini. Karena, jujur saja, sulit mencari makanan Halal disini, tapi tidak begitu sulit untuk mencari makanan yang "Tidak Haram". Jadi berikut tips yang bisa saya bagi untuk muslimin yang sudah berusaha keras menghindari makanan Haram di Korea.


1. Temukan Logo Halal
Ini sudah pasti, Selama sudah ada logo ini, berarti makanan sudah halal

2. Baca kandungannya
Ini sedikit menantang, karena Hangeul berbeda dengan alfabet ynag selama ini kita gunakan. Daging dalam bahasa korea adalah "Gogi" , atau "고기". Babi adalah "Dweji", atau "돼지". Berarti daging babi adalah "돼지 고기". Cukup hafalkan lekuk2 huruf hangeul itu, insyaallah aman. Kemudian, "Mengandung" dalam bahasa korea adalah Hamyu, atau "함유". Umumnya sih, komposisi ditulis sangat jelas di bagian belakang kemasan seperti ini.

 

3. Apabila menemukan kata 돼지 고기
Eits, santai dulu. Umumnya hal ini ditemukan di kemasan sereal. Biasanya tampak seperti berikut
Kadang hal itu berarti produk ini di produksi dalam satu fasilitas yang juga memproduksi " 돼지 고기". Kembali lagi, Huwallahu 'Alam sih. Mungkin saja satu fasilitas, tapi benar-benar terpisah, atau bisa jadi satu fasilitas dan bercampur. Untuk kasus ini saya juga tidak berani membenarkan, karena saya sendiri juga masih meminta pendapat teman-teman saya terlebih dahulu :"

Mungkin itu 3 tips dari saya ketika ingin mencari jajan2 di korea. Apabila kalian lebih mengetahui daripada saya, sebaiknya Correct Me If I'm Wrong ya. Terimakasih telah berkunjung ke blog saya~


Comments

Popular Posts